AL QUR'AN DITURUNKAN OLEH ALLAH ?

 



Oleh: Muhammad Dharmawan

Benar, Al Qur'an itu diturunkan oleh Allah, Rabb semesta alam, demikian juga dengan kitab-kitab yang lain seperti Taurat dan Injil pun diturunkan oleh Allah.

"Seandainya mereka menegakkan (hukum) Taurat, Injil, dan (Al-Qur’an) yang diturunkan kepada mereka dari Rabb mereka, dst.

(QS. Al Ma'idah: 47)

Diturunkan Allah, disini bukan berarti Taurat, Injil dan Al Qur'an itu adalah semua isinya adalah firman Allah.

Seperti Taurat ada perkataan nabi Musa dan firman-firman Allah yang disampaikannya didalam Taurat itu 

Begitu juga dengan Injil didalamnya ada perkataan nabi Isa dan firman-firman Allah yang disampaikannya.

Begitu jugalah dengan Al Qur'an didalamnya ada perkataan Jibril, Ar Ruh Al Amin, Ruhul Qudus (QS. An-Nahl: 10, QS. As-Syuara: 192 194, QS. Al Baqarah 97-98) dan firman-firman Allah yang mereka sampaikan didalamnya, dan namun bedanya didalam Al Qur'an tidak terdapat satu ayat pun perkataan pribadi dari nabi Muhammad.

Jika selama ini dianggap dan ditafsir bahwa seluruh ayat-ayat Al Qur'an adalah firman Allah yang langsung disampaikan kepada nabi Muhammad, maka setiap terjemahan dan tafsirnya pasti keliru dan menyesatkan, sebab mereka mengabaikan keberadaan dan peran Jibril (para utusan ghaib) yang telah menyampaikan Al Qur'an kepada nabi Muhammad.

Seperti ayat-ayat "Aku bersumpah" yang terdapat didalam Al Qur'an, itu jelas-jelas bukanlah Allah yang bersumpah.

Bagaimana mungkin Allah bersumpah atas sesuatu yang lebih rendah dari diri-Nya, yang hanya ciptaanNya belaka, demi hanya untuk meyakinkan manusia?

Apakah hebatnya manusia dibandingkan Allah pencipta itu?

Padahal Allah kuasa menciptakan malaikat yang jumlahnya jauh lebih banyak dari jumlah manusia dan semua bisa patuh dan menurut pada-Nya?

Bahkan setiap pikiran, perasaan, kata hati, gerakan dan ingatan seluruh makhluk diliputi oleh kekuasaan Allah.

Inilah Tafsir yang benar dan lurus 

QS. Al-Waqi'ah : 75

"Aku (Jibril) bersumpah demi tempat beredarnya bintang-bintang...

QS. Al-Ma'arij : 40-41

"Maka, aku (Jibril) bersumpah demi Rabb (Tuan/Pemilik) timur dan barat (Yaitu: Allah)

Sesungguhnya Kami (para malaikat dengan ijin dan kuasa yang diberi oleh Allah) benar-benar kuasa untuk mengganti (mereka) dengan (kaum) yang lebih baik daripada mereka. Kami sekali-kali tidak dapat dikalahkan.

Pada ayat itu bukan Allah yang bersumpah demi Tuhan timur dan barat, kalau begitu tafsirnya maka Allah bersumpah demi Tuhan yang mana lagi? Dan berarti Tuhan tu, lebih tinggi dari pada Allah 

Demikianlah semoga bermanfaat.

0/Post a Comment/Comments

Terima Kasih

Lebih baru Lebih lama